Penyakit Epilepsi Menular

Pada penyakit epilepsi yang dikenal dengan penyakit ayan bukan lah penyakit epilepsi menular. Epilepsi bisa diobati dan dikendalikan dengan obat anti epilepsi. Air liur yang dikeluarkan penderita epilepsi tak  akan menularkan penyakitnya.

ayann

Penyakit Epilepsi Menular

Para medis menyatakan bahwa penyakit epilepsi bukanlah penyakit yang menular. Mungkin karena gejala klasik yang diperhatikan para penderitanya sehingga membuat seseorang enggan untuk menolong penderita epilepsi yang mengeluarkan air liur. Bahkan sebagian masyarakat menganggap bahwa penyakit ayan atau disebut dengan epilepsi ini termasuk penyakit orang gila dan tidak dpat disembuhkan. Maka secara otomatis  seseorang yang menderita ayan akan diajuhi dari pergaulan. Padahal tersebut salah, yang pasalnya ayan atau epilepsi dapat di kategorikan sembuh. Seseorang dengann penyakit ayan tidak boleh di jauhi karena dia membutuhkan perhatian dan pertolongan kalau sewaktu-waktu akan kambuh.

Fakta menunjukkan bahwa seseorang dengan epilepsi pun akan mampu hidup  normal dan menjalani aktivitas harinya tanpa harus terbebani penyakit tersebut. Banyak pula orang tua yang merasakan frustasi jika mengetahui anak pengidap epilepsi. Bayangan anak tersebut akan terus kambuh sewaktu-waktu dengan kejang-kejang akan berkelebat.

Penyebab Penyakit Ayan

  1. Trauma pada kepala

Epilepsi adalah gangguan yang terjadi pada syaraf, Sedangkan kita tahu bahwa kerja syaraf diatur oleh otak kita. Cedera pada kepala yang disebabkan benturan atau pun jatuh akan menyebabkan fungsi otak akan terganggu dalam mengatur sel-sel syaraf kita. Akibatnya, akan terjadi konslet mendadak pada syaraf kita bersumber dari bagian otak kita yang cedera. Selain itu, kecelakaan juga bisa menjadi penyebab kematian mendadak.

  1. Penyakit medis

Organ otak memanglah sangat penting dalam mengatur seluruh sistem syaraf tubuh kita. Selain disebabkan oleh benturan, kerusakan fungsi otak juga bisa disebabkan oleh penyakit yang bisa disebabkan oleh virus dan tumor. Kerusakan otak yang disebabkan karena serangan stroke dan jantung dapat juga menyebabkan epilepsi.

  1. Demensia

Kerusakan otak lainnya bukan dikarenakan masalah eksternal seperti adanya benturan maupun virus penyakit, melainkan karena penyakit internal yang disebabkan faktor usia sendiri seperti demensia. Penyakit ini juga penyebab epilepsi pada orang yang berusia lanjut.

  1. Cedera sebelum melahirkan

Perlu kita ketahui bahwa bayi pada kandungan juga rentan terkena epilepsi. Disebabkan karena kurangnya kebutuhan nutrisi dan kekurangan oksigen dalam kandungan. Inilah yang menyebabkan kelumpuhan otak pada anak.

  1. Perkembangan penyakit lain

Penyakit-penyakit lainnya juga bisa mempengaruhi perkembangan fungsi otak kita. Adanya penyakit lain yang diderita seperti Autis, Down Syndrome atau ADHD pada anak dapat meningkatkan resiko terkena penyakit epilepsi.

Tanda-tanda yang akan Munculnya Penyakit Epilepsi

Anda gejala kejang epilepsi atau pun penyakit ayan dapat kita kenali dari beberapa tanda-tanda berikut ini yaitu :

  • Kehilangan kesadaran baik sebagian maupun hilangnya kesadaran secara penuh.
  • Timbulnya gerakan menghentak yang tidak terkontrol pada tangan dan kaki penderita ketika terjadi serangan ayan.
  • Kebingungan yang temporer yang terjadi pasca serangan epilepsi.

Para penderita biasanya akan mengenali beberapa tanda akan datangnya serangan epilepsi pada dirinya. Beberapa tanda datangnya epilepsi pada penderita berbeda satu dengan yang lainnya.
Namun dari pengakuan didapatkan data yang menunjukkan bahwasannya tanda itu akan diawali dengan perut akan terasa sakit, jantung terasa berdebar-debar, sampai dengan mengalami apa yang dinamakan dengan dejavu. Tanda aura epilepsi ini umumnya medis menyebut akan timbul beberapa detik sebelum terjadinya kejang epilepsi.

Penyakit kelainan sistem saraf seperti halnya epilepsi ini tetap harus diwaspadai. Karena memang penyakit ini belum bisa disembuhkan secara total dan dapat menimbulkan komplikasi jangka panjang yang cukup serius.

Faktor yang Menjadi Pencetus bagi Para Penderita Penyakit Epilepsi

Ada beberapa hal yang bisa mengakibatkan munculnya serangan epilepsi pada penderita:

  • –Kurang tidur
  • –Stress emosional
  • –Kelelahan fisik
  • –Infeksi, biasanya disertai demam
  • –Suhu tinggi
  • –Alkohol
  • –Rangsang cahaya (berkedip-kedip,menyilaukan)
  • –Obat-obatan tertentu
  • –Perubahan hormonal, terutama pada wanita (menjelang, saat,dan setelah menstruasi)
  • –Rangsang suara (nada tinggi dan keras)

Pencegahan agar Penyakit Epilepsi tidak akan Kambuh :

  1. Tidak melakukan olahraga yang berlebihan. Para penderita tidak dianjurkan untuk berolahraga berat namun dianjurkan untuk tetap berolahraga agar tubuh bugar. Didalam gedung atau lapangan olahraga adalah tempat yang baik untuk penderita epilepsi, agar bisa mendapatkan pertolongan apabila sewaktu-waktu kambuh. Berolahraga di daerah terbuka seperti jalan raya maupun ketinggian merupakan pantangan bagi penderita epilepsi.
  2. Menghindari stimulasi cahaya yang berlebihan. Mengurangi stimulasi cahaya perlu dilakukan untuk penderita epilepsi yang mengalami fotosensitif. Dianjurkan untuk memakai kaccamata hitam agar bisa terhindar dari pantulan cahaya matahari. Cahaya lain yang perlu dihindarkan antara lain lampu diskotik, cahaya layar video game, dan pantulan televisi.
  3. Menghindari tekanan pikiran yang berlebihan. Faktor yang paling berpengaruh terhadap kekambuhan kejang dibanding faktor lainnya adalah tekanan pikiran atau stress.
  4. Waspadai ketegangan akibat tekanan dalam peristiwa penting. Selian stress, yang berpengaruh untuk memicu kekambuhan epilepsi adalah ketegangan. Menjelang tes, deadline kerja, hingga ketegangan akibat siklus menstruasi merupakan contoh pemicu ketegangan bagi para penderita epilepsi.

Penyakit Epilepsi Menular

Cara Pemesanan Obat Epilepsi
Untuk Membantu Mengatasi Penyakit Epilepsi / Ayan dan Memperbaiki Sel-Sel Saraf Yang Rusak

Harga Obat Epilepsi

Harga Obat Epilepsi

Harga Obat Epilepsi

Harga 1 Botol Obat Epilepsi isi 60 Kapsul = Rp.115.000,-

Cara Pemesanan : SMS ke 0818-0773-0772, tuliskan : Pesan Obat Epilepsi, Jumlah Botol, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap ( untuk menentukan ongkos kirim )

This entry was posted in Penyakit epilepsi and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.