Penyakit Epilepsi dan Pengobatannya

Epilepsi adalah gangguan saraf. Bukan pula penyakit keturunan walaupun dapat disebabkan oleh faktor kelainan genetik. Jadi bila kesalahan informasi ini masih saja diteruskan, PE akan terus berada dalam posisi terpojok sebagai orang yang ‘kurang layak’ dinikahi karena penyakit itu.

Tidak sedikit orangtua mencemaskan masa depan anaknya saat buah hati mereka divonis epilepsi. Orangtua umumnya berpikir penyakit ini tidak bisa disembuhkan dan akan terus terbawa hingga mereka tua nanti. Epilepsi dapat disembuhkan dengan total. Asal terdeteksi dari awal . Agar sembuh mereka juga di tuntut untuk berobat secara teratur. Pengobatan yang dilakukan sangat individual. Umumnya 2-3 tahun bebas serangan epilepsi, obat bisa diturunkan dosisnya lalu dihentikan. Tapi bisa juga sampai 5 tahun pengobatannya. Selama pengobatan pasien harus disiplin dan tidak boleh mengehentikan sendiri pengobatan dengan alasan tidak ada serangan lagi. Penghentian obat secara mendadak dapat mengakibatkan serangan baru yang dapat memiliki dampak yang serius seperti serangan epilepsi beruntun.

Sudah jatuh tertimpa tangga pula, begitu mungkin kiasan yang pas untuk menggambarkan penderita penyandang epilepsi. Ditengah kesabaran dan ketegarannya melawan penyakit, psikis penyandang epiliepsi makin diuji dengan perlakuan yang tidak adil terhadap mereka.

Penyandang epilepsi (PE) kerap mendapat isolasi dan pengucilan dari masyarakat. Ini sebagai bentuk karena ada rasa takut bahwa orang dengan epilepsi saat bangkitan akan meninggal. Epilepsi memang kerap terlihat menakutkan saat si penderita mengalai jatuh pingsan dan kejang. Disarankan orang disekeliling PE tetap tenang dan melakukan beberapa tindakan agar bangkitannya tidak membahayakan mereka. Berikut yang perlu dilakukan apabila terjadi bangkitan epilepsi, yaitu :

  • Bersikaplah tenang, beradalah disamping orang tersebut.
  • Miringkan kepalanya untuk memberikan udara dan mencegah penyumbatan udara dengan air liur.
  • Longgarkan pakaian yang ketat seperti dasi sehingga memungkinkan tetap mendapat udara.
  • Lindungi dari bahaya¬†(terutama benda tajam)
  • Jangan memasukkan benda apapun ke dalam mulutnya
  • Jangan menahan gerakan yang bersangkutan
  • Bila keadaan berbahaya segera bawa kerumah sakit dan hubungi dokter

 


=====================================

>>> Kapsul Herbal Obat Epilepsi Untuk Membantu Mengatasi Penyakit Epilepsi / Ayan dan Memperbaiki Sel-Sel Saraf Yang Rusak, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Epilepsi and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>