Pencegahan Penyakit Epilepsi

Pada kasus-kasus tertentu, epilepsi dapat dicegah bergantung pada penyebabnya. Unutk mencegahnya epilepsi akibat komplikasi saat kehamilan dan proses kelahiran, diperlukan  perawatan prenatal (sesaat sebelum kelahiran) yang baik. Untuk mencegah epilepsi yang dicetuskan akibat infeksi, dapat diberikan vaksinasi penyakit tertentu.

Pada epilepsi yang disebabkan oleh trauma kepala, mencegahnya dengan menggunakan helm, safety belt dan alat pelindung lain saat berkendara, untuk mencegah trauma kepala. Jika telah terjadi cedera, obati segera untuk menurunkan resiko terjadinya epilepsi. Pada lansia, hindari faktor-faktor risiko yang dapat menyebabkan stroke.

Gambaran : pertolongan pada penderita epilepsi

Sebagai proses pencegahan ada beberapa kiat untuk menghadapi jika terjadi serangan epilepsi, adalah

Saat ada orang yang mengalami kejang di tempat umum, reaksi yang umum dijumpai adalah orang-orang menjadi panik dan mencoba menghentikan kejang dengan memegangi orang tersebut. Bahkan ada yang menjejalkan sendok, handuk atau kain ke dalam mulut orang yang sedang kejang. Perlu diketahui, bahwa umumnya kejang akan berhenti dengan sendirinya. Yang dapat kita lakukan adalah menolong orang yang kejang agar tidak mengalami cedera serius.

-  Tetap tenang dan tidak panik. Ini  adalah kunci dalam menolong seorang yang kejang, baik akibat epilepsi atau bukan.

- Bersihkan ludah yang leluar untuk mencegah penyumbatan saluran napas, dan jangan memasukkan benda apapun juga ke dalam mulut pasien. Ini dapat menyebabkan tersedak, gigi patah atau cedera lain yang lebih serius.

- Balikkan tubuh orang tersebut secara perlahan ke satu sisi. Jangan coba-coba menghentikan kejang dengan menahan tangan atau kakinya. Ini malah dapat menyebabkan cedera pada otot dan tulang.

- Istirahatkan kepala penyandang epilepsi pada tempat yang datar dan lembut supaya tidak membentur lantai dan untuk menopang leher.

- Jauhkan benda tajam dari sekitar penyandang yang sedang kejang untuk mencegah cedera.

-          Jangan pernah meninggalkan orang yang sedang kejang sendirian. Jika perlu telepon ambulans. Penyandang perlu segera di bawa ke rumah sakit jika ia belum pernah kejang sebelumnya, kejang lebih dari 2-3 menit, terjJauhkan benda tajam dari sekitar penyandang yang sedang kejang untuk mencegah cedera.

-          Jangan pernah meninggalkan orang yang sedang kejang sendirian. Jika perlu telepon ambulans. Penyandang perlu segera di bawa ke rumah sakit jika ia belum pernah kejang sebelumnya, kejang lebih dari 2-3 menit, terjadi cedera, kejang pada wanita hamil, kejang pada orang dengan diabetes dan jika tidak ada orang yang tahu apa yang harus dilakukan.


=====================================

>>> Kapsul Herbal Obat Epilepsi Untuk Membantu Mengatasi Penyakit Epilepsi / Ayan dan Memperbaiki Sel-Sel Saraf Yang Rusak, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Epilepsi and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>